Promotion in youtube
Rabu, 16 Januari 2013
JR # 1 GALSYUM
GALSYUM
(Awalnya GALAU akhirnya SENYUM)
Seminggu sebelum pembelajaran dimulai, saya sebenarnnya agak was"juga memikirkan bagaimana seh sebenarnya nanti pembukaannya. Walaupun persiapan mental dan fisik saya maksimalkan tetap aja hati ini ragu ragu dan ada tanda tanya.
Tanggal 6 januari 2013 bertepatan juga dengan dibukanya kembali kelas mandiri sahabatku, saya berada di kelas lanjutan. Pertemuan sehari itu juga menguras tenaga karena dari kelas dasar ke kelas lanjutan renggang waktu cukup lama,
Dan...
Hari Senin tanggal 7 januari 2013
kelas Ritel resmi dibuka,
Alhamdulilah saya ucap syukur masih diberi kesempatan untuk belajar dan menimba ilmu bersama Universitas Ciputra Distance Education (UCDE). Sebagai Buruh Migran Indonesia ini adalah kesempatan emas yang mungkin saya tidak tahu lagi apakah akan ada lagi, ataukah jika ada lagi saya bisa tidak mengikutinya. Dengan semangat dan yakin bisa saya pun tetap berusaha mengikutinya. Kelas dibuka materi materi siap untuk dibaca. Tugaspun mengiringi diantaranya, teringat masa-masa sekolah dulu membaca dan mengerjakan PR. Tapi kali ini berbeda saya harus bergelut dengan waktu dan pekerjaan rutinitas sebagai tenaga kerja. Hanya waktu malam saya baru bisa memulai nya ya, hanya waktu malam itupun juga harus perang dengan hawa kantuk yang menyerang. Lelah yang dirasakan seharian bekerja badan capek emmm jadi teringat salah satu perkataan seorang dosen TIDAK ADA ALASAN!!. Sungguh kejam.
Kejam disini bukan apa yang dikatakan dosen itu tapi saya harus kejam pada rasa MALAS karena akan mengganggu dan bisa menggagalkan harapan saya. Ini adalah satu komitmen jika saya berani memilih saya juga harus bisa berusaha mempertanggung jawabkannya. Masuk kuliah jarak jauh apapun resikonya tetap SEMANGAT !!
Setelah membaca modul dan mengerjakan quiz, ada beberapa kesimpulan dari materi minggu pertama ini. mengenai pengantar ritel
> Ritel menurut saya adalah aktivitas-aktivitas bisnis antara peritel dan konsumen yang berupa produk / jasa dalam memuaskan konsumen secara langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan pribadi/keluarga.
> Dalam rangka menjalankan aktivitasnya toko ritel perlu memberikan layanan tambahan diantaranya cicilan pembayaran, garansi produk dan layanan antar gratis semua ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan menciptakan loyalitas terhadap toko.
> 7 komponen bauran ritel/retail mix yang mendukung kesuksesan sebuah ritel menurut Levy dan Weitz dalam bukunya Retailing Management yaitu
1. Manajemen lokasi
2. Manajemen harga
3. Manajemen stok barang
4. Manajemen layanan jasa
5. Manajemen desain dan layuot
6. Manajemen suasana
7. Manajemen komunikasi
> Format ritel ada 2
1.Non store
*Katalog
*Penjualan elektronik
*Penjualan melalui surat
*Mesin penjual
*Penjualan langsung
*Penjuaan melalui telepon
*Penjualan maya/ecommerce
2.Store dibagi menjadi dua
a. Ritel barang dagangan umum
^ Specialty store
^ Variety store
^ Department store
^ Off process store
^ Factory outlet
b. Ritel berorientasi makanan
# Convience store
# Supermarket
# Supercentre
# Grosir
# Hypermarket
> Convience store adalah pasar swalayan mini yang berukuran kurang lebih 350 meter persegi menjual hanya terbatas dari berbagai produk kebutuhan sehari hari yang perputarannya relatif tinggi dan bertujuan untuk para konsumen yang membutuhkan pembelian dengan cepat tanpa harus mengeluarkan upaya yang besar dalam mencari produk produk yang diinginkan.
..............bersambung
Langgan:
Catat Ulasan (Atom)
Tiada ulasan:
Catat Ulasan